Kali ini saya akan posting cerita yang besifat kedaerahan bahkan cerita ini sangat dekat dengan tempat yang saya diami,yakni " Raden Tumenggung Jayengrono",kalau di Kec.Pulung,Ponorogo tepatnya di desa pulung merdiko sering disebut dengan nama mbah jayengrono ,karenapemakamannya terletak di desa tersebut.langsung saja............
                        
RADEN TUMENGGUNG JAYENGRONO
 
gambar ilustrasi
 
R.T.Jayengrono adalah anak laki-laki dari Raden Mas Sasangka atau Adipati Harya Metaun yang yang dulu menjadi adipati di Jipang,Kota Bojonegoro. R.Mas Sasangka bentuknya seperti putra dari Pangeran Puger atau dengan sebutan Paku Buwana 1.

Pada Tahun 1696,  R.T.Jayengrono pindah dari jipang ke Kota Ponorogo tepatnya di dusun Jayengrono, Desa Kronggan, Kec.Sukorejo dan diutus oleh Adipati Polorejo 1 untuk membantu keamanan Polorejo.

Pada Tahun 1708, R.T.Jayengrono berpindah tugas di Ponorogo lebih tepatnya sebelah timur untuk menjadi staf kantor adipati ponorogo sampaitahun 1742.

Pada Tahun 1780, R.T.Jayengrono wafat dan di makamkan di pemakaman yang bernama jayengrono, Desa Pulung merdiko, Kec.Pulung, Kab.Ponorogo.

Sekian dan Semoga Bermanfaat

1 comments:

  1. TERIMAKASIH artikelnya menarik sekali.kalo ada postingan lagi kami usulkan untuk cerita tentang keturunan Raden Tumenggung Jayengrono yang masih ada hingga sekarang, trimakasih

    ReplyDelete

 
RiangPrayoga's Blog © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top